Rabu, 28 Mei 2014

Keluar Dari Zona Nyaman, Dijamin Karir Anda Sukses

Sahabat yang ingin sukses tidak pernah disertai oleh usaha yang ringan, berbagai perjuangan keras ada di baliknya. Sebuah kutipan berbunyi “life begins at the end of your comfort zone”, yang berarti “hidup berawal dari berakhirnya zona nyaman Anda”. Kutipan ini nampaknya sangatlah tepat untuk menggambarkan hubungan antara zona nyaman dan kesuksesan dalam hidup.

Dengan meninggalkan zona nyaman, banyak hal yang dapat diraih. Meninggalkan zona nyaman juga dapat memperkuat karakter atau kepribadian Anda, dan hal itu akan bermanfaat untuk menunjang karir Anda. Jadi, sudah siapkah Anda untuk keluar dari zona nyaman? Ikuti tips berikut untuk melakukannya.

1. Lawan rasa takut Anda dengan berpikir positif
Salah satu hal yang membuat kita terjebak dalam zona nyaman adalah karena kita terlalu takut akan kemungkinan-kemungkinan buruk jika melakukan sesuatu. Cobalah untuk melawan rasa takut tersebut. Pikirkan kemungkinan-kemungkinan baik yang bisa terjadi. Berpikir positif juga bisa membuat Anda lebih siap untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang tak diharapkan.

2. Lakukan hal-hal aneh
Melakukan hal-hal baru termasuk ampuh dalam membuat Anda keluar dari comfort zone. Namun, melakukan sesuatu yang aneh, yang orang lain tidak akan berpikir Anda akan melakukannya, dapat memberi Anda pengalaman-pengalaman yang lebih seru dan tak pernah terpikirkan sebelumnya. Dengan melakukan hal-hal baru yang lain dari biasanya, zona nyaman Anda tentu telah jauh tertinggal.

3. Perluas pengetahuan dan kemampuan
Mungkin Anda akan lebih memilih nonton TV daripada menghabiskan waktu untuk belajar. Inilah wujud nyata dari Anda belum bisa meninggalkan zona nyaman. Belajar tidak harus membaca berjam-jam buku fisika, namun dengan mempelajari hal-hal lain seperti memasak dengan membaca tutorial juga termasuk sebuah pembelajaran.

4. Manfaatkan hal-hal lainnya untuk menambah motivasi
Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan motivasi diri Anda, salah satunya yaitu musik. Dengan mendengarkan musik yang Anda gemari apalagi dengan lirik yang inspiring, Anda dapat mengembangkan rasa semangat Anda dalam melakukan hal yang diinginkan. Selain itu, manfaatkanlah tubuh Anda dengan maksimal. Bagaimana Anda menggerakkan tubuh Anda dapat mempengaruhi perasaan Anda. Jika Anda berjalan dengan tegap dan bahu terangkat, maka Anda akan merasa lebih percaya diri.

5. Gunakan imajinasi Anda
Bayangkanlah hal-hal menyenangkan di mana Anda telah meraih apa yang Anda inginkan. Hal ini dapat membuat Anda merasa positif daripada membayangkan sebuah kegagalan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk keluar dari zona nyaman Anda. Selain itu, katakan pada diri Anda bahwa dengan segala kemampuan yang Anda miliki, anda bisa sukses.
Tunggu apa lagi, just get out of your comfort zones, now!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar